Abstrak


Pemetaan Wisata Kuliner di Kota Solo


Oleh :
Fatkhur Rajbama - C9412018 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang pengaruh wisata kuliner terhadap perkembangan pariwisata di Kota Solo, adapun tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui tujuan dan motif yang membuat wisatawan untuk berwisata di kota Solo, untuk mengetahui kuliner favorit yang sering dicari para wisatawan, untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam meningkatkan wisata kuliner, untuk mengetahui sebab yang menjadikan wisata kuliner sebagai icon kota Solo.
Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan potensi dan upaya pengembangan Wisata Kuliner sebagai icon Kota Solo. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah dengan menggunakan, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Solo memiliki potensi yang besar bidang wisata kulinernya, potensi tersebut sudah berkembang dengan campur tangan pemerintah. Adapun potensi yang dimiliki Kota Solo sendiri merupakan salah satu kota yang terkenal dengan sejarah dan budayanya. Namun,selain budaya dan sejarahnya Kota Solo juga terkenal dengan wisata kulinernya. Berbagai makanan, minuman, dan jajanan khas Solo.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Kota Solo memiliki potensi sebagai Kota wisata kuliner karena memiliki berbagai macam jenis-jenis wisata makanan, minuman, dan jajanan khas Kota Solo. Makanan khas Kota Solo berbeda dengan Kota yang lain, Oleh karena itu wisata kuliner dapat memajukan perkembangan wisata di Kota Solo.