Abstrak


Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (Penelitian Pengembangan di Lima SMA Negeri di Kota Surakarta Propinsi Jawa Tengah Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)


Oleh :
Ahmad Walid - S.831402003 - Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan khusus dari penelitian pengembangan penilaian ini adalah 1) Menggambarkan karakteristik penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA. 2) Mengetahui kelayakan penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai evaluasi formatif. 3) Mengetahui profil skor kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Riset ini mengikuti tahapan R&D Borg and Gall. Tahap pertama meliputi analisis soal-soal tes terkait sistem reproduksi yang ada pada Ujian Nasional, tes formatif dan sumatif, dan tes di Buku Pelajaran Biologi SMA yang ada di Surakarta. Selanjutnya disusun draft instrumen tes yang terdiri dari tiga kasus. Sampel yang digunakan dalam riset ini meliputi 3 validator ahli, 2 praktisi pengguna, 60 siswa pada uji terbatas dan 125 siswa pada uji lapangan. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan program Quest.
Hasil penelitian ini menunjukkan karekteristik penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memiliki validitas dengan interpretasi minimal “cukup” dan memiliki reliabilitas cukup. Kelayakan telah melalui validitas isi dan konstruk yang dilakukan oleh validasi ahli evaluasi, ahli materi. Validitas dengan interpretasi minimal cukup, reliabilitas baik, tingkat kesukaran soal dengan proporsi 1,6% mudah, 58,4% sedang dan 40% sukar untuk soal pilihan ganda dan 0% mudah, 50% sedang dan 50% sukar untu soal essay. Daya pembeda soal dengan interpretasi minimal cukup, serta tingkat kepraktisan soal yang baik. Profil skor produk penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah sebagai berikut : SMA N B dengan skor tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi mencapai 71,61, kemudian dilanjutkan dengan SMA N D dengan skor 66,03, SMA N C dengan Skor 65,46, , SMA N E dengan skor 63,69, dan yang terakhir SMA N A dengan skor 60,26. Secara keseluruhan dengan jumlah siswa 125 orang mempunyai skor rata-rata 65,41
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, Penilaian, Sistem Reproduksi, Biologi SMA