Abstrak


Perbedaan Pengaruh Antara Isofluran dan Sevofluran Terhadap Kadar Magnesium Serum Pada Pasien yang Menjalani Anestesi Umum


Oleh :
Batara - S501108016 - Pascasarjana

Batara, S 501108016, 2015. Perbedaan Pengaruh Antara Isofluran dan Sevofluran Terhadap Kadar Magnesium Serum Pada Pasien yang Menjalani Anestesi Umum. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Harsono Salimo, dr., Sp.A(K)., Pembimbing II: Sugeng Budi Santoso, dr., Sp.An-KMN. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Minat Utama Ilmu Biomedik, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang: Pemberian anestesi umum diantaranya isofluran dan sevofluran dapat menimbulkan berbagai efek yang berkaitan dengan fungsi kardiovaskuler, neuromeuskuler, dan homeostasis, termasuk perubahan kadar magnesium serum. Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara isofluran sevofluran terhadap kadar magnesium serum pada pasien yang menjalani anestesi umum.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan analisis bivariat yang melibatkan 32 pasien yang menjalani anestesi umum dan sesuai dengan kriteria penelitian. Subyek dibagi menjadi dua kelompok, 16 pasien dengan pemberian isofluran dan 16 pasien dengan pemberian sevofluran. Dari masing-masing kelompok diukur kadar magnesium serum sebelum dan 30 menit setelah pemberian agen anestesi umum lalu dibandingkan di antara kedua kelompok. Analisis bivariat dengan paired sample t-test dan Mann-Whitney U test digunakan untuk mengetahui perbedaan kadar magnesium sebelum dan setelah pemberian agen serta perbedaan kadar magnesium antara kedua kelompok.
Hasil: Analisis bivariat dengan paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kadar magnesium serum sebelum dan setelah pemberian agen anestesi umum pada kelompok isofluran (p=0,000) dan pada kelompok sevofluran (p=0,000). Uji Mann-Whitney U test juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara perubahan kadar magnesium antara kedua kelompok (p=0,000).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna pada penurunan kadar magnesium serum antara pemberian isofluran dan sevofluran. Penurunan kadar magnesium serum pada kelompok isofluran lebih besar dibandingkan kelompok sevofluran.