Abstrak


Penerapan Metode Kolaborasi untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta


Oleh :
Rahayu Astrini - K1209056 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil menulis teks eksplanasi dengan menerapkan metode kolaborasi pada siswa kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta. Metode kolaborasi yang melibatkan teman sejawat untuk saling mengoreksi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Al Irsyad Surakarta yang berjumlah 19 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran metode kolaborasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Peningkatan pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya motivasi siswa, yakni dari prasiklus siswa aktif 11%, pada siklus I siswa aktif 53 %, dan siklus II menjadi 84%. Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa terlihat dari nilai karangan siswa, yakni dari prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 26,32%, siklus I menjadi 31,58%, dan siklus II meningkat menjadi 84,21%.
Kata kunci: metode kolaborasi, pembelajaran menulis, teks eksplanasi