Abstrak


Penerapan strategi pembelajaran aktif learning start with a question sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan peserta didik mata pelajaran akuntansi keuangan kelas xi keuangan 3 smk negeri 1 Sukoharjo tahun 2015


Oleh :
Anastasnia Dewi Nur Komaria h - K7411017 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XI KU 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan Learning Start With A Question.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI KU 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, aktivitas pembelajaran, dan nilai peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber dan trianguasi metode. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif untuk data keaktifan dan untuk data hasil belajar peserta didik dianalisis dengan teknik analisis data statistik menggunakan uji-t (Paired Sample).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Learning Start With A Question dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran akuntansi keuangan. Peningkatan keaktifan peserta didik tersebut tercermin dalam peningkatan empat aspek keaktifan yaitu : (1) Visual Activities menunjukkan peningkatan dari 53,47% atau 19 peserta didik pada siklus I menjadi 80,55% atau 28 peserta didik pada siklus II, (2) Oral Activities menunjukkan peningkatan dari 54,17% atau 19 peserta didik pada siklus I menjadi 82,64% atau 29 peserta didik, (3) Listening Activities meningkat dari 53,47% atau 19 peserta didik pada siklus I menjadi 80,55% atau 28 peserta didik pada siklus II, (4) Writing Activities juga meningkat dari 56,25% atau 20 peserta didik menjadi 81,77% atau 29 peserta didik. Peningkatan keaktifan peserta didik ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan analisis startistik dengan uji t (paired samples).
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif dengan teknik Learning Start With A Question dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran akuntansi keuangan di kelas XI KU 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo, hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya dan antara tahap sebelum dan sesudah penerapan teknik Learning Sart With A Question.
Kata kunci: Keaktifan peserta didik, hasil belajar, strategi pembelajaran aktif, Learning Start With A Question.