Abstrak


Hubungan Konsumsi Susu Formula dengan Kejadian Asma pada Anak


Oleh :
Azalia Virsaliana - G0012038 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang: Asma adalah penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan. Kejadian asma dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah asupan makanan. ASI memiliki kandungan sitokin yang didominasi oleh TGF-β2 yang memengaruhi pematangan imunitas mukosa anak dan meningkatkan proteksi saluran pernapasan terhadap alergi pada saluran pernapasan, seperti asma.  Susu formula digunakan sebagai pengganti atau tambahan ASI.Studi ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pemberian susu formula dengan kejadian asma pada anak-anak.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan studi kasus kontrol yang dilakukan di Puskesmas wilayah kerja Kecamatan Jebres. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil: Hasil Uji Komparasi dengan uji Wilcoxon menunjukkan tidak ada hubungan antara konsumsi susu formula dengan kejadian asma pada anak (p = 0,132). Nilai signifikansi antara paparan asap rokok dan asma menggunakan uji Fisher adalah 0,097 disimpulkan tidak memiliki hubungan yang signifikan. Nilai signifikansi antara riwayat atopi dan asma menggunakan uji Fisher adalah 0,039 disimpulkan memiliki hubungan yang signifikan.  
Kesimpulan: Pemberian susu formula pada anak tidak berhubungan dengan kejadian asma pada anak, melainkan dipengaruhi faktor lain seperti riwayat atopi
Kata kunci: Asma, Susu Formula, ASI , Alergi atopi, Anak
ABSTRACT
Background : Asthmais a chronic diseasethat attacks therespiratory tract. The incidence ofasthmais influencedby several factors,one of themis the food intake. Breast milkcontains cytokinedominated by TGF-β2. This cytokine influencing the maturation ofmucosal immunityof children and improvethe protectionof respiratory tract, such asasthma. Infant formulais a substitute or addition to breastmilk. This studyaimedto determinethe correlationbetween infantformula feeding and the incidenceof asthmain children.
Method: This study usedan observationalanalytic withcase-control technique.This studiesconductedat health center work area sub - districtJebres. Data were analyzedusing theWilcoxon test.
Result:Results of Comparison test (Wilcoxon test) showed no association between consumption of infant formula with the incidence of asthma in children (p = 0.132).The significant valuebetweensmoke exposure andasthmaindicated onFishertestwas0.097, can beconcluded that the data didnothave a significant relationship. The significant valuebetweena history of atopyandasthma indicated onFishertestwas0.039inferredto havea significant relationship.
Conclusions:InfantFormula feeding in children is not associated with the incidence of asthma in children, but ratherinfluenced by other factorssuch ashistory of atopy in family.
Keywords: Asthma, Formula Feeding, Breast Feeding, Atopic Alergy, Children