Abstrak


Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah di Night Market Ngarsopuro oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Surakarta


Oleh :
Kelana Bayu Aji - D0111050 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan UMKM di Night Market Ngarsopuro Kota Surakarta yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Untuk mengetahui pemberdayaan yang dilakukan untuk UMKM dalam meningkatan kualitas UMKM dan faktor kendala pemberdayaan UMKM Night Market Ngarsopuro. Pemberdayaan mempunyai tiga tahapan penyadaran, pengkapasitasan dan pemberian daya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta dan Night Market Ngarsopuro. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, penulis mengumpulkan data dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam hal uji validitas data penulis menggunakan teknik trianggulasi data dari nara sumber yang dibandingkan dengan informasi dari narasumber yang lain. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif.
Dalam tahap penyadaran, penyelenggaraan kegiatan pelatihan latihan UMKM diberikan sosialisai tentang pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM. Dalam tahap pengkapasitasan dengan kegiatan pelatihan latihan bahasa inggris, internet marketing dan kerajinan tangan secara bagi UMKM di kota Surakarta dan membentuk paguyuban. Dalam tahap pemberian daya disediaka tempat pameran dagang yang di peruntukkan bagi UMKM dalam bentuk Night Market Ngarsopuro dan mengikuti  pameran  dagang. Dinas Koperasi  dan  UMKM    juga memberikan  bantuan  modal kepada  UKM  dalam bentuk bantuan lunak. Kedala pemberdayaan diantaranya adalah Permasalahan waktu atau jadwal dari Pemberdayaan UMKM yang diselengarakan dinas ketidaksesuaian data dari UMKM di Night Market Ngarsopuro.
Diperlukan program yang dikhususkan untuk Night Market Ngarsopuro  mengingat Night Market Ngarsopuro icon  Kota  Surakarta. Dibutuhkannya komunikasi dan koordinasi dua arah yang berkala antara Dinas Koperasi, Paguyuban Pengurus dan UMKM Night Market Ngarsopuro.
Kata kunci: UMKM, Pemberdayaan, Usaha Mikro, Night Market, Ngarsopuro
ABSTRACT
This study aims at identifying empowerment of UMKM in Night Market Ngarsopuro Surakarta city done by Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. To understand empowerment done for UMKM to increase the quality of UMKM and the problem factor of empowerment UMKM in Night Market Ngarsopuro. Empowerment have three steps enlightment, empowerment and giving power.
This research is a qualitative descriptive study conducted in the Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta and Night Market Ngarsopuro. Researcher using purposive sampling, researcher collecting data with deep interview and documentation. While data analysis was done by using interactive analysis.
The enlightment stage, inside of training UMKM given socialization about how imortant that training to UMKM itself. Stages of  empowerment have activities such english training, internet marketing training, and handicrft training for UMKM in surakarta city and creating paguyuban. Stages of Giving Power is used to facilitate venue for UMKM in shape of Night Market itself and participated in exihibiton. Dinas Koperasi  dan  UMKM    also giving funding help to  UMKM  in shape of light credit.  Empowerment problems such as time management of UMKM empowerment schedule and data from UMKM in Night Market Ngarsopuro.
Need special program specialized for Night Market Ngarsopuro  because Night Market Ngarsopuro Surakarta city’s icon. In need of communication dand coordination by Dinas Koperasi, Paguyuban and UMKM Night Market Ngarsopuro
Keyword: Kata kunci: UMKM, Empowerment, Micro Enterprise, Night Market, Ngarsopuro