Abstrak


Faktor kinerja seismik pada struktur beton dengan sistem rangka pemikul momen dan sistem ganda berdasarkan prosedur fema p695


Oleh :
Josephina Yolanda M. - I0111059 - Fak. Teknik

Proses perancangan struktur bangunan berbeban gempa diperlukan standar dan peraturan perancangan bangunan untuk menjamin keselamatan penghuni terhadap gempa besar yang mungkin terjadi, serta menghindari dan meminimalisir kerusakan struktur bangunan dan korban jiwa akibat gempa bumi. Salah satu yang kurang diperhatikan dalam perancangan bangunan adalah faktor kinerja seismik (SPFs) yang meliputi koefisien modifikasi respon (faktor R), faktor kekuatan lebih (?0), dan faktor amplifikasi defleksi (Cd). Oleh sebab itu, standar metodologi struktural dibutuhkan untuk menentukan faktor kinerja seismik tersebut dan telah ditentukan dalam Quantification of Building Seismic Performance Factors (FEMA P695).
Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai faktor kinerja seismik (R, ?0, dan Cd) pada struktur beton dengan sistem rangka pemikul momen dan sistem ganda dengan rangka pemikul momen dengan variabel ketinggian gedung. Sistem struktur digunakan dalam penelitian karena struktur tersebut struktur yang paling sering digunakan dalam bangunan-bangunan di Indonesia. Proses mencari nilai faktor kinerja seismik (R, ?0, dan Cd) berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan dalam FEMA P695 dengan menganalisis kurva spektra kapasitas yang didapat dari analisis statik nonliniar pushover dengan program SAP2000.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penambahan tinggi struktur mempengaruhi nilai R, ?0, dan Cd pada sistem rangka pemikul momen dan distem ganda dengan rangka pemikul momen. Nilai R dan Cd pada sistem rangka pemikul momen berkurang sejalan dengan penambahan tinggi struktur tetapi nilai ?0 bertambah sejalan dengan penambahan tinggi struktur. Pada sistem ganda dengan rangka pemikul momen, nilai R, ?0, dan Cd berkurang seiring dengan penambahan tinggi struktur.
Kata kunci : faktor kinerja seismik, koefisien modifikasi respon, faktor kekuatan lebih, faktor amplifikasi defleksi, FEMA P695