Abstrak


Gerakan sosial relawan politik Joko Widodo (studi kasus pada pemilihan umum presiden 2014 di Surakarta)


Oleh :
Juwita Anggraini - D0311038 - Fak. ISIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong munculnya gerakan relawan politik dan bentuk gerakan relawan politik Joko Widodo pada Pemilihan Umum Presiden 2014 di Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metodologis.Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu:1) Gerakan sosial relawan politik Joko Widodo pada Pemilihan Umum Presiden 2014 muncul akibat adanya akumulasi kekecewaan dimasyarakat akibat terjadinya kesenjangan antara ekspektasi dan realita. Kemudian juga disebabkan oleh figur Joko Widodo yang memiliki track record dalam kepemimpinan yang bagus.2) Mayoritas relawan tidak memiliki struktur dan sistem rekrutmen yang formal, sukarela dan memiliki relasi dengan partai politik pendukung. Tujuan relawan adalah mensosialisasikan Joko Widodo kepada masyarakat untuk mempengaruhi preferensi masyarakat.
Kata kunci: Gerakan sosial, Relawan Politik, Joko Widodo, Pemilihan Umum Presiden.