;

Abstrak


Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dengan media visual gambar dan metode quantum learning (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Purwokerto)


Oleh :
Meliza Dyah Puspitasari - S.841402026 - Pascasarjana

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan penggunaan media visual gambar dan metode quantum learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Purwokerto, (2) meningkatkan kualitas hasil keterampilan menulis cerita pendek dengan media visual gambar dan metode quantum learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Purwokerto.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Purwokerto. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, catatan hasil dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data melalui teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media visual gambar dan penerapan metode quantum learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen siswa yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan media visual gambar dan menerapkan metode quantum learning dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII E SMP N 1 Purwokerto. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakan jumlah siswa memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) (80) 7 siswa (22%) dengan nilai rata-rata 65,96. Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 16 siswa (51%) dengan nilai rata-rata 73,06. Siklus II meningkat menjadi 20 siswa (65%), dan siklus III siswa meningkat menjadi 28 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 86,93. Pada siklus III pencapaian nilai baik secara kualitas proses maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen melalui media visual gambar dan penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan kualitas proses maupun keterampilan menulis cerpen siswa.
Kata kunci: media visual gambar, quantum learning, keterampilan menulis cerpen.