Abstrak


Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar kb metode sederhana mahasiswa diii kebidanan stikes pku muhammadiyah Surakarta


Oleh :
Ginanti Vinastiti - R.1114049 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu pendekatan desain kurikulum berbasis Student Centered Learning (SCL) yang mampu mengasah kompetensi mahasiswa dalam menerapkan berbagai pengetahuan yang dimiliki (prior knowlegde) berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh individu sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Metode: penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan rancangan posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 68 mahasiswi.
Hasil: berdasarkan hasil posttest, didapatkan nilai rata – rata pada kelompok kontrol sebesar 68,72 dengan nilai terendah dan tertinggi yang didapatkan mahasiswa adalah 52 dan 84, sedangkan pada kelompok eksperimen, didapatkan nilai rata-rata sebesar 75,59 dengan nilai terendah dan tertinggi yaitu 60 dan 88.
Kesimpulan: berdasarkan uji hipotesis dengan Independent Sample t Test didapatkan nilai signifikansi p = 0,001 < a (0,05), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penerapan metode pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar KB Metode Sederhana mahasiswa DIII Kebidanan Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Prestasi Belajar Mahasiswa, Metode KB Sederhana