Abstrak


Penerapan mind map untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas, bunyi, dan alternatif pada siswa kelas ivb sd negeri dukuhan kerten no. 58 tahun ajaran 2014/ 2015


Oleh :
Rizki Noor Hidayah - K7111175 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas, bunyi dan alternatif dengan menerapkan mind map serta mendeskripsikan cara menerapkan mind map yang dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas, bunyi dan alternatif pada siswa kelas IVB SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 tahun ajaran 2014/ 2015.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Data yang diperoleh dari pratindakan hingga siklus III mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 64,11 dengan persentase 46,43% siswa yang mencapai batas nilai KKM sebesar 70. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 66,07 dengan persentase 53,57%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,79 dengan persentase 71,43%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81,07 dengan persentase ketercapaian sebesar 82,14%. Selain itu, mind map mampu meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa selama proses pembelajaran, serta mempertahankan daya ingat siswa tersimpan lebih lama.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa mind map dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas, bunyi dan alternatif pada siswa kelas IVB SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 tahun ajaran 2014/ 2015.
Kata Kunci: Pemahaman konsep, energi panas, energi bunyi, energi alternatif, mind map