Abstrak


Desain interior museum alat musik tradisional jawa-bali dengan konsep modern di Surakarta


Oleh :
Tri Susanti - C.0810038 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Desain Interior Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali Di Surakarta merupakan judul dari proyek perencanaan interior ini. Merupakan suatu proyek perancangan yang merancang ruang yang bersifat mendidik dan menghibur yang difungsikan sebagai wadah untuk memamerkan, merawat dan menyimpan benda bersejarah, yaitu alat musik tradisional. Lokasi perencanaan ini berada di Jendral Sudirman, Surakarta.
Desain Interior Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali Di Surakarta ini dibatasi pada elemen interior pada ruang utama Lobby dan Ruang Pamer terutama pada segi penataan ruang dan memusatkan perencanaan dan perancangan pada penempatan lay out, furniture dan mempertimbangkan pemilihan warna yang berkaitan dengan modern dan sesuai dengan tema. Dimana dari semua pertimbangan tersebut di fungsikan sebagai pengembangan dari ide dasar yang di tuangkan ke desain yang ingin di ciptakan pada Desain Interior Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali Di Surakarta”.
Rumusan masalah yang ditampilkan adalah bagaimana merancang interior Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali sebagai tempat pendidikan yang informatif dan rekreatif untuk menghilangkan kesan membosankan pada suatu bangunan museum.
Tujuan dari karya ini adalah merencanakan Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali yang berada di Kota Solo yang ditujukan bagi masyarakat yang memberikan edukasi dan informasi dengan cara mengenalkan baik secara visual maupun suara mengenai alat musik tradisinonal Jawa-Bali.
Perancangan interior Museum Alat Musik Tradisional Jawa-Bali ini bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang alat musik tradisional Jawa dan Bali
Kata kunci : modern, museum, interior, desain