;

Abstrak


Pengaruh media pembelajaran internet dan media konvensional terhadap pretasi belajar siswa kelas xi teknik komputer dan jaringan (tkj) pada mata pelajaran kewirausahaan ditinjau dari motivasi belajar siswa di smk pengudhi luhur Karangrayung Grobogan ( studi kasus diSMK Pengudhi Luhur Karangrayung Grobogan)


Oleh :
Joko Susilo - S811402014 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran internet dan media konvensional terhadap prestasi belajar siswa; (2Perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa; (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen.Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar Kewirausahaan pada kelompok media pembelajaran internet pada siswa dengan motivasi belajar tinggi mempunyai nilai tertinggi, sedangkan nilai terendah terjadi pada kelompok media pembelajaran konvensional pada siswa dengan motivasi belajar rendah. (2) Prestasi belajar Kewirausahaan pada kelompok media pembelajaran konvensional pada siswa dengan motivasi belajar tinggi maupun rendah tidak memiliki perbedaan nilai yang signifikan. (3) Terdapat interaksi antara motivasi belajar tinggi pada media pembelajaran internet dan media konvensional. Tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar rendah antara kelompok dengan media pembelajaran internet dan media pembelajaran konvensional
Kunci: pembelajaran internet, konvensional, prestasibelajar, mata pelajaran kewirausahaan