Abstrak


Etika islam dan accrual earning management pada perusahaan manufaktur di Indonesia


Oleh :
Luthfi Aditya Mas’ud - F.0311069 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh etika Islam terhadap praktik earning management dengan proksi discretionery accrual pada perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah accrual earning management yang diproksikan dengan discretionary accrual sebagai variabel dependen dan etika Islam yang diproksikan dengan perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index dan pendapatan syariah sebagai variabel independen. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 428 perusahaan dari tahun 2009-2013.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa etika Islam yang diproksikan dengan perusahaan syariah tidak berpengaruh terhadap praktik accrual earning management. Sedangkan, etika Islam yang diproksikan dengan pendapatan syariah berpengaruh negatif signifikan terhadap accrual earning management. Hal ini memiliki arti bahwa semakin baik etika Islam yang ada di dalam suatu perusahaan maka tingkat praktik accrual earning management semakin rendah.
Kata Kunci: Etika Islam, Earning Management, Discretionary Accrual