Abstrak


Sinergitas stakeholder dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Bantul (Studi Kasus pada Objek Wisata Pantai Parangtritis)


Oleh :
Riska Wijaya - D.0111073 - Fak. ISIP

Sinergitas stakeholder merupakan kunci sukses tidaknya pemasaran pariwisata di Kabupaten Bantul. Oleh Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas stakeholder dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Bantul dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses sinergitas stakeholder tersebut.
Penelitian ini dilakukan di Objek Wisata Pantai Parangtritis dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dengan analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa stakeholder-stakeholder yang terlibat dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Bantul sudah cukup bersinergi yang diindikasikan dengan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik. Temuan lain yakni belum adanya pembagian wewenang yang jelas untuk masing-masing stakeholder.
Kata Kunci: sinergitas, stakeholder, pemasaran pariwisata