Abstrak


Pembelajaran kreasi paper quilling pada siswa kelas x mia 3 sma negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015


Oleh :
Bela Fitria Bounty - K.3210011 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran kreasi paper quilling di kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta. (2) bentuk karya paper quilling yang dihasilkan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta. (3) dampak pembelajaran paper quilling terhadap kreativitas siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Ardiyanto, selaku guru seni rupa SMA Negeri 2 Surakarta dan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan informant review. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kreasi paper quilling dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan proses pembuatan karya yang terdiri dari beberapa langkah antara lain menentukan pola/desain, mengukur dan memotong kertas, membuat bentuk-bentuk dasar, menggabungkan dan mengelem bentuk-bentuk dasar menjadi karya. (2) karya paper quilling yang dihasilkan siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta mayoritas merepresentasikan bentuk bunga dan huruf alfabet sebagai objek dalam karya yang tersusun dari garis lurus dan garis lengkung, raut geometri berupa lingkaran maupun raut non geometri berupa bidang organis, serta penyusunan warna dengan komposisi yang kontras. Tekstur yang terlihat adalah tekstur nyata kasar pada objek karya dan tekstur semu pada latar belakang karya. (3) siswa mampu merepresentasikan gagasan dan ide-ide personal ke dalam bentuk visual karya paper quilling secara mandiri.
Kata kunci: kreasi, paper quilling, pembelajaran.