;

Abstrak


Pengembangan alat permainan edukatif (ape) bahasa indonesia berbasis multimedia interaktif untuk pendidikan anak usia dini (paud) dalam meningkatkan kemampuan membaca


Oleh :
Faundra Purnama Putra - S811402009 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Kebutuhan media bagiPendidikan Anak Usia Dini(PAUD) dalam kegiatan membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca. (2) Prosedur pengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE)bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktifyang cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. (3) Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE)bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah anak PAUD Bustanul Athfal Aisyiyah 3 Basin kelompok B. Dibagi menjadi 15 anak kelompok eksperimen dan 15 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan FGD FGD (Focus Group Discussion), observasi, dan angket validasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji efektivitas Uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat permasalahan pada metode kegiatan membaca untuk anak usia dini khususnya dalam kegiatan membaca masih menggunakan metode konvensional seperti menggunakan buku, gambar, poster dan kartu huruf serta anak sulit untuk meningkatkan kemampuan membaca secara optimal. (2) Kegiatan pengembangan menggunakan prosedur menghasilkan Alat Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Interaktif yang valid dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. (3) Hasil Uji Efektivitas menunjukkan bahwa kemampuan membaca dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Interaktif lebih baik dibandingkan dengan anak yang menggunakan buku, gambar, poster dan kartu huruf. Hasil ini ditunjukkan dari perhitungan Uji t, dimana DK = ?t ? t < -2,048 atau t > 2,048? ; dan tobs = 9,402 ? DK. Keputusan uji adalah H0ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki kemampuan membaca yang tidak sama. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata 87. Sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata 62,3.
Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif (APE), ADDIE.Kemampuan Membaca