Abstrak


Rata-rata kuadrat sesatan penduga regresi dengan kombinasi linier dua variabel bantu pada sampel acak sederhana


Oleh :
Intan Lisdiana Nur Pratiwi - M.0110040 - Fak. MIPA

Penduga regresi digunakan untuk menduga rata-rata populasi ketika terdapat korelasi antara variabel penelitian dengan variabel bantu. Terdapat dua variabel bantu yang digunakan. Variabel bantu yang pertama adalah variabel yang berkorelasi positif dengan variabel penelitian, sedangkan variabel bantu kedua merupakan variabel penelitian tahun sebelumnya. Adanya dua variabel bantu dapat meningkatkan ketelitian penduga regresi. Penduga yang digunakan adalah penduga regresi dengan kombinasi linier dua variabel bantu.
Penelitian ini bertujuan menurunkan ulang rata-rata kuadrat sesatan penduga regresi dengan kombinasi linier dua variabel bantu pada sampel acak sederhana. Kombinasi linier merupakan penjumlahan hasilkali setiap variabel bantu dengan nilai yang merupakan suatu pembobot. Karena menggunakan dua variabel bantu maka terdapat dua nilai yaitu dan . Rata-rata kuadrat sesatan diturunkan terhadap akan diperoleh nilai optimum yang menghasilkan rata-rata kuadrat sesatan minimum.
Untuk mendukung hasil teoritis, penduga regresi diterapkan pada data produksi padi tiap kabupaten/kota di Pulau Jawa tahun 2013. Selanjutnya mencari nilai rata-rata kuadrat sesatan minimum penduga regresi dengan kombinasi linier dua variabel bantu dan penduga regresi dengan dua variabel bantu. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa penduga regresi dengan kombinasi linier lebih baik karena memiliki rata-rata kuadrat sesatan yang lebih kecil.
Kata kunci: penduga regresi, optimum k, acak sederhana