;

Abstrak


Peran mediasi persepsi keadilan gaji dalam pengaruh persepsi perbedaan gaji dan pemahaman gaji pada kepuasan kerja pegawai negeri sipil pada sekretariat daerah kabupaten Karanganyar


Oleh :
Ruhana Kurniawati - S411308031 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rancangan penerapan sistem penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar sebagai perangkat daerah yang membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi dipandang perlu untuk mengetahui persepsi pegawai terhadap sistem penggajian serta dampaknya terhadap kepuasan kerja sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam pelaksanaan sistem penggajian yang tersebut karena gaji dan tunjangan pegawai yang bekerja pada pemerintahan daerah dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah.
Populasi penelitian ini adalah seluruh PNS Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dengan sampel penelitian sejumlah 150 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dengan teknik sampling proportional random sampling. Dan teknik analisis yang digunalan adalah structural equation modelling (SEM) dengan bantuan AMOS 6.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai C.R. persepsi perbedaan gaji pada persepsi keadilan gaji; persepsi pemahaman gaji pada persepsi keadilan gaji; persepsi keadilan gaji pada kepuasan kerja; persepsi perbedaan gaji pada kepuasan kerja; dan persepsi pemahaman gaji pada kepuasan kerja secara berturut-turut adalah -4,297; 1.556; 3,724; -2,451; dan 3,081. Sedangkan nilai C.R pada tingkat signifikansi p<0,05 menunjukkan bahwa pengaruh persepsi perbedaan gaji pada persepsi keadilan gaji; pengaruh persepsi keadilan gaji pada kepuasan kerja; pengaruh persepsi perbedaan gaji pada kepuasan kerja; pengaruh persepsi pemahaman gaji pada kepuasan kerja; serta peran mediasi persepsi keadilan gaji dalam pengaruh perbedaan gaji pada kepuasan kerja terbukti signifikan sedangkan pengaruh persepsi pemahaman gaji pada keadilan gaji dan peran mediasi persepsi keadilan gaji dalam pengaruh pemahaman gaji pada kepuasan kerja terbukti tidak signifikan.
Kata kunci : gaji, keadilan, kepuasan kerja