Abstrak


Penerapan model pembelajaran mind map dalam peningkatan hasil belajar ips tema sejarah peradaban indonesia pada siswa kelas v di sd negeri 1 Sruweng tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Zakariya Firasyan Syah - K.7111549 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind map dalam peningkatan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran mind map pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran mind map dalam peningkatan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan wawancara. Alat pengumpulan datanya berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, yang didapatkan dari siswa, guru, dan teman sejawat. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada kelas V yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan yang terdiri dari: tinjauan menyeluruh, tinjauan awal, tinjauan mendalam, dan tinjauan ulang, serta c) tahap akhir; 2) peningkatan pada hasil belajar Tema Sejarah Peradaban Indonesia yang paling signifikan terjadi pada siklus II ke siklus III yaitu 14,46%, 3) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa tertinggi pada siklus II ke siklus III sebesar 8,59; dan 4) kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran mind map dapat teratasi dengan beberapa solusi, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind map jika dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Sruweng.
Kata kunci: mind map, Hasil Belajar, IPS