Abstrak


Penerapan Quantum Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pemanfaatan Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV SDN Wates Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014


Oleh :
Indri Isnaningrum - X7110022 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Wates Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Quantum Learning.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahguru dan siswa kelas IV SD Negeri Wates Simo Boyoali Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 15 siswa yang terdiri 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan adalah narasumber yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV, hasil belajar siswa, dan buku penilaian pemahaman konsep pemanfaatan sumber daya alam melalui Quantum Learning. Untuk menguji validitas data, di gunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan (prasiklus) yaitu 52 dengan ketuntasan klasikal 13,67%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 67 dengan ketuntasan klasikal 46,67%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Quantum Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep pemanfaatan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Wates Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Quantum Learning, pemahaman konsep pemanfaatan sumber
daya alam