Abstrak


Pembelajaran Fisika Melalui Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2014/2015


Oleh :
Erma Dwi Hastiningrum - K.2311027 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Fisika melalui model inkuiri pada siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015; 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran Fisika melalui model inkuiri kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA IPA 1 SMA Negeri 1 Wonosari Klaten semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui observasi, kajian dokumen, tes tertulis, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Penelitian yang dilakukan selain menerapkan model inkuiri juga dilakukan tindakan perbaikan guru yang menyebabkan meningkatnya keaktifan dan kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015, antara lain; guru lebih berinteraksi dengan siswa, pengelompokkan diperkecil menjadi 3-4 siswa untuk tiap kelompok, lembar kerja siswa (LKS) yang dibagikan satu lembar untuk tiap siswa serta tempat duduk siswa yang diatur secara rapi dan berkelompok sebelum pembelajaran dimulai.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran Fisika melalui model inkuiri dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan keaktifan. Pada siklus I telah mengalami peningkatan tetapi semua aspek keaktifan belum mencapai target keberhasilan kinerja. Pada siklus II semua aspek keaktifan mengalami peningkatan dan telah mencapai target keberhasilan. (2) pembelajaran Fisika melalui model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan kognitif  siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Wonosari Klaten tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 42,42% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,13%. Target keberhasilan kinerja ranah kognitif adalah ketuntasan siswa mencapai 70%.
Kata Kunci : model inkuiri, keaktifan siswa, kemampuan kognitif siswa