Abstrak


Penerapan divergent discovery style untuk meningkatkan hasil belajar taktik menyerang dan bertahan dalam permainan sepakbola pada siswa kelas xii tp 1 smk murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Herdian Danang Indarto - K4611056 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar taktik menyerang dan bertahan dalam permainan sepakbola siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta melalui penerapan Divergent Discovery Style.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket berupa tes kognitif (pengetahuan), dokumentasi atau arsip berupa foto dan video. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar permainan sepakbola pada kriteria sangat baik 0%, baik 4,55 %, cukup 27,27%, kurang 63,64%, dan kurang sekali 4,55% jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa. Pada siklus I hasil belajar permainan sepakbola pada kategori sangat baik sebesar 4,55%, baik 27,27%, cukup 45,45%, kurang 22,73%, dan kurang sekali 0%, jumlah siswa yang lulus 14 siswa dengan persentase 63,64%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar permainan sepakbola pada kategori sangat baik sebesar 9,09%, baik 36,36%, cukup 40,91%, kurang 13,64%, kurang sekali 0%, jumlah siswa yang tuntas dan lulus adalah 19 siswa dari total jumlah siswa 22 dengan persentase 86,36% dan yang belum tuntas 3 siswa dengan persentase 13,64%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar permainan sepakbola telah mencapai target yang ingin dicapai pada siklus II bahkan melebihi target meskipun belum semua siswa dapat tuntas dalam materi permainan sepakbola.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Divergent Discovery Style dapat meningkatkan hasil belajar taktik menyerang dan bertahan dalam permainan sepakbola pada siswa kelas XII TP 1 SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil belajar taktik menyerang dan bertahan, permainan sepakbola, Divergent Discovery Style.