Abstrak


Hubungan antara kemandirian emosional dan kedemokratisan pola asuh orang tua pada siswa kelas xi smk murni 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Arina Hafizah - K3111013 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemandirian emosional pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016; (2) tingkat kedemokratisan pola asuh orang tua pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016; (3) hubungan positif yang signifikan antara kemandrian emosional dan kedemokratisan pola asuh orang tua pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis Penelitian ini ialah penelitian deskriptif korelasional dengan populasi siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 56 orang menggunakan teknik pengambilan sampel secara keseluruhan yang disebut populatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Angket Kemandirian Emosional dan Angket kedemokratisan Pola Asuh Orang Tua. Analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif, correlation product moment, dan regresi linier sederhana.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta memiliki tingkat kemandirian emosional 73,21% (41 siswa). termasuk kategori kurang tinggi. Dan 53,57% (30 siswa) menerima pola asuh dari orang tua kurang demokratis. Sedangkan hasil analisis correlation product moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara kemandirian emosional dan kedemokratisan pola asuh orang tua pada siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta.
Kata kunci: Kemandirian emosional, kedemokratisan pola asuh orang tua.