Abstrak


Keefektifan pelatihan kesadaran diri (self-awareness training) sebagai bimbingan untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas vii smp negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Bagas Julianto - K3111019 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan self-awareness training untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0,000 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment self-awareness training. Hasil uji tersebut didukung oleh Uji Wilcoxon yang diperoleh hasil 0,001. Pada taraf signifikansi 0,05 berarti 0,001 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai postest kelompok eksperimen.
Simpulan penelitian ini adalah self-awareness training efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo tahun ajaran 2015/2016.
Dari penelitian ini dapat disampaikan saran kepada kepala sekolah agar memberikan fasilitas kepada guru bimbingan dan konseling maupun guru mata pelajaran untuk menerapkan self-awareness training sebagai bimbingan guna meningkatkan penyesuaian diri.
Kata kunci : Self-awareness training, penyesuaian diri.