Abstrak


Pengaruh kepribadian proaktif terhadap voice behavior yang dimediasi self-efficacy dan dimoderasi oleh persepsi delegasi (studi pada karyawan pt. asli motor )


Oleh :
Guntur Balang Abdullah - F.1213033 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: 1) kepribadian proaktif berhubungan positif dengan voice behavior karyawan 2) self-efficacy memediasi secara parsial hubungan antara kepribadian proaktif dan voice behavior karyawan 3) Persepsi delegasi akan memoderasi hubungan antara kepribadian proaktif dan voice behavior karyawan, sehingga Hubungan akan lebih kuat bila dirasakan delegasi lebih tinggi.
Penelitian ini dilakukan pada supervisor dan karyawan PT. Asli Motor Klaten Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 160 orang dengan teknik Maximum Likelihood Estimation. Teknik pengujian data menggunakan Hierarchical regression dengan bantuan program SPSS statistics 22.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan Hierarchical regression yang menguji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan hasil antara lain 1) kepribadian proaktif berhubungan positif dan significant terhadap voice behavior karyawan 2) self-efficacy memediasi secara parsial hubungan antara kepribadian proaktif dan voice behavior karyawan 3 ) Persepsi delegasi akan memoderasi hubungan antara kepribadian proaktif dan voice behavior karyawan.
Kata kunci : Kepribadian prokatif, Voice Behavior, Self Efficacy, Delegasi