Abstrak


Pengendalian material pembangunan pt ghs grompol surakarta menggunakan pengembangan program microsoft excel


Oleh :
Muhtar - I1113063 - Fak. Teknik

Pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tidak pernah terlepas dengan pengetahuan akan pengendalian material. Maka ada tiga hal yang harus diperhatikan. Yaitu waktu pelaksanaan, biaya pelaksanaan dan sumber daya. Dalam pelaksanaan proyek, masalah terbatasnya sumber daya dapat mengakibatkan terlambatnya pelaksanaan proyek tersebut. Seperti yang kita ketahui untuk keberhasilan suatu proyek harus disertai dengan manajemen konstruksi yang baik agar suatu proyek dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.salah satu faktor utamanya adalah pengendalian terhadap bahan material, tujuan dari penelitian ini dalam proyek pembangunan PT GHS Grompol Surakarta adalah untuk mengetahui bagaimana pemakaian bahan dilapangan dan mencegah agar tidak terjadinya pemakaian bahan yang berlebihan dengan adanya peranan manajemen konstruksi.
Untuk penelitian skripsi Pengendalian Material menggunakan metode pendekatan Managemen Konstruksi yang merujuk kepada BSN SNI 2008, dan data yang digunakan adalah Rencana Anggaran Proyek PT GHS Grompol Surakarta. Olah data menggunakan Program Microsoft Excel versi 2010.
Dari hasil penelitian dilapangan penulis dapat menyimpulkan bahwa telah terjadi penyimpangan yaitu penggunaan bahan dilapangan berbeda dengan yang direncanakan proyek. hasil perencanaan proyek (Mx Design Beton K-225) dengan pemakaian dilapangan untuk Kegiatan Rencana Pengecoran bahan adalah 1.228.05 m3 sedangkan realisasi kegiatan pengecoran 1.243.69 m3. terjadi deviasi sebesar 15.64 m3dari jumlah yang terjadi. Penggunaan bahan di lapangan meningkat dari yang di rencanakan. Maka dari itu perlu di lakukan pengawasan yang baik yaitu dengan Managemen Konstruksi mengikuti aturan SNI yang berlaku
Kata kunci: Pengendalian bahan, managemen konstruksi, mix design Beton K-225