Abstrak


Perbandingan lama rawat inap antara pasien fraktur terbuka grade iii dalam fase golden period dengan over golden period


Oleh :
Rima Aghnia P S - G0012186 - Fak. Kedokteran

Pendahuluan: Fraktur terbuka merupakan salah satu kegawatan dalam orthopaedi yang membutuhkan penatalaksanaan segera. Salah satu komplikasi fraktur terbuka yang paling sering adalah terjadinya infeksi. Adanya infeksi akan memperlama rawat inap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan lama rawat inap antara pasien fraktur terbuka grade III dalam fase golden period dengan over golden period.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode Cross Sectional. Penelitian dilakukan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Data diambil dari rekam medik pasien dengan jumlah sampel masing-masing 25 pada kelompok golden period dan over golden period. Variabel bebas adalah waktu kedatangan dan penanganan pasien yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu fase golden period dan over golden period, variabel terikat adalah lama rawat inap. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Mann-Whitney menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) for Windows.
Hasil: Rata-rata lama rawat inap pada pasien fraktur terbuka pada fase golden period yaitu 7,32 hari sedangkan pada fase over golden period 13,08 hari. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p = 0,010 (p < 0,05) hal ini berarti terdapat perbedaan lama rawat inap antara pasien fraktur terbuka grade III dalam fase golden period dengan over golden period.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara lama rawat inap pasien fraktur terbuka grade III dalam fase golden period dengan over golden period.
Kata Kunci: fraktur terbuka, rawat inap, golden period, over golden period