Abstrak


Hubungan antara skabies dengan kualitas tidur di pondok pesantren miftakhurrosyidin


Oleh :
Ruti Annisa Kusumastuti - G0012198 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Skabies merupakan infestasi oleh parasit pada permukaan kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei var. hominis dengan gejala khas yaitu gatal yang memberat di malam hari. Gatal di malam hari dapat mengganggu tidur penderitanya dan berpengaruh terhadap kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara skabies dengan kualitas tidur di Pondok Pesantren Miftakhurrosyidin.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik rancangan penelitian case control. Sampel penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Miftakhurrosyidin, Temanggung dengan total sampling. Sampel yang digunakan adalah 48 subjek yang menderita skabies dan 48 subjek yang tidak menderita skabies. Diagnosis skabies dilakukan berdasarkan tanda kardinal dan data kualitas tidur didapatkan melalui kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisis statistik menggunakan Compare means, Paired- Samples t Test.
Hasil Penelitian: Pada uji normalitas variabel kualitas tidur didapatkan distribusi data normal dan setelah dilakukan analisis data menggunakan didapatkan p=0,024 (p< 0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara skabies dengan kualitas tidur pada santri di Pondok Pesantren Miftakhurrosyidin.
Kata Kunci : skabies, kualitas tidur, pondok pesantren