Abstrak


Efek antihelmintik ekstrak etanol biji adas manis (pimpinella anisum l.) pada cacing gelang babi (ascaris suum goeze) in vitro


Oleh :
Okky Dhevi Safitri - G0012157 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Biji adas manis (Pimpinella anisum L.) mengandung trans-anethole, estragole, metileugenol dan tanin yang telah diketahui memiliki efek antihelmintik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antihelmintik ekstrak etanol biji adas manis (Pimpinella anisum L.) pada Ascaris suum Goeze in vitro.
Metode Penelitian: Penelitian bersifat eksperimental laboratorik dengan menggunakan desain penelitian the posttest only controlled group. Subjek penelitian adalah cacing Ascaris suum Goeze dewasa yang aktif bergerak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dibagi ke dalam 7 kelompok: NaCl 0,9% (kontrol negatif), pirantel pamoat 5 mg/ml (kontrol positif), ekstrak etanol biji adas manis (Pimpinella anisum L.) konsentrasi 200, 225, 250, 275, dan 300 mg/ml. Setiap kelompok terdiri dari 5 cacing, ulangan dilakukan sebanyak 5 kali. Cacing direndam dalam larutan uji sebanyak 100 ml dan diinkubasi pada suhu 37°C. Cacing diamati secara individual sampai mati, pengamatan dihentikan setelah matinya seluruh cacing dalam kelompok perlakuan. Data berupa waktu kematian setiap cacing dianalisis menggunakan uji normalitas One Sample Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas variansi (Levene Test), uji parametrik One Way ANOVA dan uji Post Hoc LSD.
Hasil Penelitian: Hasil pengamatan rerata waktu kematian setiap cacing Ascaris suum Goeze kontrol negatif 0 jam, kontrol positif 0,90±0,22 jam, konsentrasi 200, 225, 250, 275 dan 300 mg/ml berturut-turut selama 1,22 ±0,14 jam, 1,01±0,16 jam, 0,80±0,22 jam, 0,64±0,21 jam, dan 0,61±0,19 jam. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan distribusi data normal dan homogen. Hasil uji One Way ANOVA menunjukkan perbedaan rerata waktu kematian cacing signifikan dari keseluruhan sampel, uji Post Hoc LSD menunjukkan rerata waktu kematian cacing yang signifikan terdapat pada kelompok k mg ml.
Simpulan: Ada efek antihelmintik ekstrak etanol biji adas manis (Pimpinella anisum L.) pada Ascaris suum Goeze in vitro. Efek antihelmintik pada k mg ml lebih rendah daripada pirantel pamoat 5 mg/ml, dan pada k mg/ml lebih tinggi daripada pirantel pamoat 5 mg/ml.
Kata kunci: ekstrak etanol biji adas manis (Pimpinella anisum L.), Ascaris suum Goeze, efek antihelmintik.