Abstrak


Media pembelajaran animasi sebagai sumber ide penciptaan komik pada kegiatan ekstrakurikuler seni rupa di sma negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016


Oleh :
Mentari Fajrin Rizqi Karunia - K3211041 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni rupa dengan menggunakan media pembelajaran animasi sebagai sumber ide penciptaan komik di SMA Negeri 3 Boyolali; (2) visualisasi komik peserta kegiatan ekstrakurikuler seni rupa di SMA Negeri 3 Boyolali; (3) hambatan dan keberhasilan proses pembelajaran ekstrakurikuler seni rupa di SMA Negeri 3 Boyolali.
Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan: informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis model alir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni rupa di SMA Negeri 3 Boyolali guru memberi kebebasan bagi peserta didik dalam berkarya sehingga pembelajaran tidak tergantung pada RPP. Proses pembelajaran ekstrakurikuler dengan menggunakan animasi sebagai sumber ide penciptaan komik melalui beberapa langkah: a) guru menjelaskan elemen-elemen komik, b) guru memutar animasi pendek berjudul The Truth Behind Internet Dating, c) peserta didik membuat draft komik, d) guru memutar video tutorial membuat komik, e) peserta didik membuat sketsa sampai finishing komik menggunakan tinta bak, f) analisis visual komik yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik dalam menggabungkan elemen-elemen komik yang merupakan unsur utama dalam pembuatan komik.
Kendala yang ada selama proses pembelajaran adalah sarana prasarana yang kurang representatif, materi ajar kurang bervariasi dari guru dan siswa yang sering izin meninggalkan ruangan sebelum kelas selesai.
Kata kunci: ekstrakurikuler, komik, animasi