Abstrak


Penggunaan pembelajaran remedial model kerja kelompok untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas v sd negeri ii Wuryorejo Kabupaten Wonogiri tahun 2011/ 2012


Oleh :
Novie Asih Anggreini - X7109079 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan mengatasi kendala yang dihadapi siswa kelas V SD Negeri II Wuryorejo Kabupaten Wonogiri tahun 2011/ 2012 dengan menggunakan pembelajaran remedial model kerja kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri II Wuryorejo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 8 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, kajian dokumen dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, metode, dan teori. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran remedial dapat meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat serta meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus yang kebanyakan masih menggunakan metode ceramah membuat siswa bosan sehingga penguasaan konsep siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I, penguasaan konsep yang disertai aktivitas siswa mengalami peningkatan walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan penguasaan konsep siswa menjadi lebih baik sehingga hasil belajar meningkat. Penguasaan konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa meningkat yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar kognitif. Selain itu juga adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian penggunaan pembelajaran remedial dengan media dan alat peraga pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SD Negeri II Wuryorejo, Wonogiri.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran remedial model kerja kelompok dapat meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri II Wuryorejo Kabupaten Wonogiri tahun 2011/ 2012. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa aspek kognitif yang diiringi dengan aspek afektif dan aspek psikomotor. Nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif pada prasiklus sebesar 49, pada siklus I sebesar 64, dan pada siklus II sebesar 79. Prosentase ketuntasan secara klasikal pada prasiklus sebesar 25%, pada siklus I sebesar 62,5%, dan pada siklus II sebesar 100%.
Kata kunci: pembelajaran remedial kerja kelompok, operasi bilangan bulat