Abstrak


Film serdadu kumbang sebagai alternatif media pembelajaran sastra Indonesia di smp


Oleh :
Novianasari - K1211042 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Unsur-unsur dramatik film Serdadu Kumbang; (2) Nilai pendidikan yang terkandung dalam film Serdadu Kumbang; (3) Relevansi film Serdadu Kumbang sebagai media pembelajaran sastra Indonesia di SMP.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah film Serdadu Kumbang yang dirilis pada 16 Juni 2011 yang berdurasi 105 menit oleh Alenia Pictures. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik simak catat, analisis data dan wawancara yang dilakukan secara tidak terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) film Serdadu Kumbang memiliki ide cerita yang bagus, menggunakan judul yang bersifat striking statement, memiliki tema kekeluargaan dan perjuangan dalam meraih cita-cita, dibangun di atas alur yang menarik, tokoh-tokohnya digambarkan dengan beberapa cara dan mengambil setting hanya di satu tempat yaitu Sumbawa; (2) nilai pendidikan yang terdapat dalam film Serdadu Kumbang meliputi: (a) nilai religius yang mengajarkan pentingnya keimanan kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari; (b) nilai moral yang mengajarkan kejujuran, bertutur kata santun, dan menghargai kelebihan maupun kekurangan orang lain; (c) nilai sosial mengajarkan pentingnya kehidupan berkelompok dalam ikatan persahabatan dan bermasyarakat; (d) dan nilai budaya yang mengajarkan untuk menjunjung budaya baik yang berlaku dan berusaha melestarikannya; dan (3) film Serdadu Kumbang relevan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran sastra Indonesia di SMP. Hal tersebut dikarenakan film Serdadu Kumbang sesuai dengan kriteria media pembelajaran yang baik dan bernilai pendidikan.
Kata Kunci: film, media pembelajaran, unsur-unsur dramatik, nilai pendidikan