Abstrak


Penerapan penggunaan alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas v a sd pangudi luhur st. timotius surakarta tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Riski Ida Pangestika - K5611065 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningklatakn hasil belajar senam lantai guling depan melalui penerapan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V A SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 24 siswa putra dan 20 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa, data hasil belajar gulingh depan diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk menghumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran senam lantai guling depan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan. Hasil belajar tersebut melalui aspek psikomotorik, kognitif dan afektif dari 44 siswa hanya 11 siswa yang mencapai KKM atau 25% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 65,91% atau 29 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 86,36% atau 38 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa V A SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan melalui penerapan alat bantu pembelajaran ini telah berhasil meningktakan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas V A SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Senam Lantai Guling Depan, Alat Bantu Pembelajaran, Hasil Belajar