Abstrak


Upaya peningkatan kemampuan kognitif melalui pembelajaran learning tournament materi pokok kalor dan perpindahannya siswa kelas vii-h smp negeri 1 magetan tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Ulin Nuha Rosyida - K2311079 - Fak. KIP

Rendahnya kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Magetan dikarenakan siswa belum terbiasa aktif dalam proses pembelajaran merupakan latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran Learning Tournament siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Magetan Tahun Ajaran 2014/2015 pada materi pokok Kalor dan Perpindahannya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap persiapan dilanjutkan tahap pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Magetan tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 28 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan merupakan subyek penelitian dan dikhususkan pada materi pokok Kalor dan Perpindahannya yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui teknik observasi awal untuk mengetahui keadaan awal siswa dan permasalahan di dalam kelas serta teknik tes untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif dengan penguatan berupa uji t 1 ekor dan regresi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran Learning Tournament dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi pokok Kalor dan Perindahannya. Hal tersebut diketahui melalui peningkatan kemampuan kognitif siswa dari tes kemampuan awal sebesar 46,43% menjadi 67,86% setelah diberi perlakuan siklus I, menjadi 85,71% setelah diberi perlakuan siklus II. Untuk hasil tes formatif (posttest) persentase tercapainya ketuntasan yaitu 85,71%. Dari hasil uji t 1 ekor didapatkan thitung>ttabel yaitu 7,40>1,67356, disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa setelah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran dengan penerapan Learning Tournament. Dari hasil regresi didapatkan rata-rata kemampuan kognitif siswa sebesar 5,083 mendapatkan sumbangan peningkatan sebesar 0,005 dari pembelajaran siklus I (X1) dan 0,936 dari pembelajaran siklus II (X2). Dari perhitungan diperoleh harga Fhitung>Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 495,209>3,34, disimpulkan bahwa hubungan regresi linier antara pembelajaran siklus I, pembelajaran siklus II, dan kemampuan kognitif siswa pada posttest berarti. Sumbangan relatif pembelajaran terhadap kemampuan kognitif akhir, pembelajaran siklus I (X1) sebesar 0,63%, dan pembelajaran siklus II (X2) sebesar 99,37%. Sumbangan efektif pembelajaran terhadap kemampuan kognitif akhir, pembelajaran siklus I (X1) sebesar 0,62%, dan pembelajaran siklus II (X2) sebesar 96,92%.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Learning Tournament, Kemampuan
Kognitif