Abstrak


Akal dan Kelebihannya: Suntingan Teks dan Analisis Etika


Oleh :
Karina Puspita Anddini - C0211020 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana suntingan teks Akal dan Kelebihannya? (2) Bagaimana kandungan nilai etika teks Akal dan Kelebihannya?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyediakan suntingan teks Akal dan Kelebihannya yang baik dan benar. (2) Mengkaji nilai etika teks Akal dan Kelebihannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah naskah Akal dan Kelebihannya yang merupakan salah satu naskah koleksi British Library dengan nomor inventarisasi EAP/ 1/1. Metode penyuntingan yang digunakan adalah metode edisi standar. Metode edisi satandar yaitu metode yang menyajikan suntingan teks dengan disertai pembetulan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakkonsitenan serta yang digunakan ialah ejaan yang baku (standar). Kesalahan-kesalahan diberi komentar yang dicatat dalam aparat kritik. Teknik pengumpulan data dengan teknik pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah tahap deskripsi, tahap analisis, dan tahap evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, terdapat beberapa kesalahan dalam penyuntingan teks, meliputi 5 buah adisi, 14 buah lakuna, 21 buah subtitusi, 1 buah ditografi, dan 1 buah transposisi. Teks Akal dan Kelebihannya selain mengandung kesalahan juga terdapat 6 buah cathword atau alihan kata. Kedua, teks Akal dan Kelebihannya mengandung unsur-unsur Etika yaitu unsur adab, unsur tauhid sebagai sumber moral, unsur kekuatan manusia, unsur hak dan kewajiban, unsur baik dan buruk, unsur etika keutamaan, dan unsur kebahagiaan. Semua unsur tesebut memberi relevansi terhadap kehidupan manusia sesuai dengan nilai etika