Abstrak


Makna Lirik-Lirik Lagu Grup Band The Panas Dalam Dalam Album Only Ninja Can Stop Me Now Tinjauan Semiotik Riffaterre


Oleh :
Muhammad Bintang Yanita Putra - C.0211025 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu (i) bagaimana unsur ketidaklangsungan ekspresi pada lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN?; (ii) bagaimana sistem pembacaan heuristik dan hermeneutik lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN?; (iii) bagaimana matriks, model, dan varian lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN?; dan (iv) bagaimana hipogram (hubungan intertekstual) lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN?
Tujuan dari penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan unsur ketidaklangsungan ekspresi pada lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN; (ii) mendeskripsikan sistem pembacaan heuristik dan hermeneutik lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN; (iii) menjelaskan matriks, model, dan varian lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN; (iv) menjelaskan hipogram (hubungan intertekstual) lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek penelitian dari penelitian ini adalah lima lirik lagu TPD dalam album ONCSMN dan hipogramnnya. Lima lirik lagu tersebut adalah (i) Ayo Kita Kemana, (ii) Lagu Timur, (iii) Cita-Citaku, (iv) Malin Kundang in Memorial, dan (v) Chicha in Nostalgia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, simak, dan catat.Data-data yang ada dikumpulkan dan diklasifikasikan untuk kepentingan analisis. Kemudian dipilih data sesuai dengan teori, dalam hal ini datanya adalah lima lirik lagu TPD dalam album ONCSMN yang berhubungan dengan teori struktural dan intertekstual Michael Riffatterre.
Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ketidaklangsungan ekspresi pada lirik-lirik lagu TPD dalam album ONCSMN meliputi penggantian arti berupasimbolik, metonimi, repetisi, litotes, ekskalamasio, dan retoris.Dalam penyimpangan arti, memiliki unsur ambiguitas dankontradiksi Dalam penciptaan arti, memiliki rima dan enjambemen. Pembacaan heuristik tidak menimbulkan perubahan kata. Sementara itu, pembacaan hermeneutik memiliki makna yang berbeda-beda
sesuai dengan latar belakang penciptaan lagu tersebut.Tema dan masalah adalah mengenai nasionalisme, kepercayaan diri dan popularitas, perkembangan lagu anak, pengaruh pergaulan bebas dan penyimpangan seks, dan pendidikan moral.Hipogram berkaitan dengan penurunan kinerja petani dan lapangan pekerjaan petani, lirik lagu Diana karya Koes Plus, bimbingan belajar, legenda Malin Kundang, popularitas selebritis, menghilangnya lagu anak, lirik lagu Helly karya Chicha Koeswoyo, aktivitas prostitusi, petinju Mike Tyson, dan Farida Pasha pemeran Mak Lampir.