Abstrak


Pemasaran Melalui Media Sosial di Objek Wisata Benteng Pendem Van Den Bosch Kabupaten Ngawi


Oleh :
Rista Rovina Putri - C.9412041 - Fak. Ilmu Budaya

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pemasaran melalui sosial media untuk meningkatkan jumlah wisatawan di objek Benteng Pendem Ngawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah sosial media memiliki pengaruh penting dalam pemasaran dalam peningkatan wisatawan di objek wisata dan untuk mengetahui kendala yang dialami pihak pengelola Benteng Pendem Van Den Bosch.
Penulisan laporan disajikan secara deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, metode wawancara, serta study pustaka. Metode wawancara dilakukan secara langsung dengan staff Dinas Pariwisata Ngawi dan pengelola objek wisata Benteng Pendem, sedangkan metode observasi dilakukan dengan cara berkunjung langsung dan mengamati objek wisata Benteng Pendem. Studi pustaka dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari buku-buku di Lab. Usaha Perjalanan Wisata, perpustakaan pusat Universitas Sebelas Maret, dan perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media mampu mempromosikan objek wisata hingga dikenal wisatawan luar kota. Bahkan dengan adanya usaha dari pihak luar yang ikut memasarkan objek dengan cara membuat akun-akun facebook,twitter, dan instagram, mereka membantu sekali dalam hal meningkatkan kunjungan wisatawan. Walaupun objek wisata ini baru berkembang tetapi minat wisatawan cukup banyak. Kendala-kendala yang ada pada objek tidak mengurangi kunjungan wisatawan.
Kesimpulannya banyak wisatawan mengetahui informasi tentang objek wisata Benteng Pendem melalui jejaring sosial. Dan sosial media berpengaruh penting dalam hal pemasaran objek wisata terutama di Benteng Pendem Van Den Bosch, Kabupaten Ngawi.