Abstrak


Kajian Pelaksanaan Pasal 3 Huruf E Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dalam Rangka Membuka Perluasan Kesempatan Kerja Bagi Masyarakat Difabel (Studi Kasus di Kota Surakarta)


Oleh :
Dimas Triabdi Baskoro - E0011105 - Fak. Hukum

ABSTRAK
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan dari perindustrian di Kota Surakarta dalam membuka perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat difabel setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian beserta mekanisme dan hambatan yang diperoleh dari tujuan tersebut. Mengingat bahwa setelah diberlakukannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, maka industry-industri yang ada harus berdasarkan atas undang-undang tersebut.
Penulisan skripsi ini diambil dengan metode penelitian hukum non-doktrinal research dengan sifat penelitian preskriptif. Dalam peneltian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan data hukum primer dan skunder, serta teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif (interactive model of analysis).
Berdasarkan kajian ini diperoleh hasil bahwa Kota Surakarta belum mencapai tujuan dari perindustrian dalam hal pemberian perluasan kesempatan kerja terutama bagi difabel. Hal ini disebabkan karena belum adanya sosialisasi dari Dinas Perindsutrian dan Perdagangan tentang Undang-Undang Perindustrian yang baru, serta belum adanya pelaksanaan dari undang-undang tersebut dikarenakan belum adanya peraturan pelaksana yang mengatur tentang mekanismenya. Selain itu juga dikarenakan kurangnya akan sumber daya manusia baik itu dari para stakeholder terkait serta dari masyarakat difabel itu sendiri dan belum adanya anggaran yang mengatur secara khusus untuk pemberian kesempatan kerja bagi difabel.
Kata Kunci : Industri, Difabel, Kesempatan kerja  

ABSTRACT
In this essay, author want to know about the achievement of industrial goals in surakarta to widen the chance for disabled to become workforces after the implementation of the undang undang. It must be kept in mind that the undang undang should be used as the underlying cause in the industries in surakarta.
This essay were done based on non doctrinal research method which using prescriptive nature. This research also used qualitative approach with primary and secondary data, and combined analytical technique using interactive model.
Based om this study, the results we got are surakarta had not achieved the goals of industrial sector to give the disabled the chance to become workforce. The main source of the problems are lacks of socialization about this undang undang from the related department and not to mention that the lacks of human resources to enforce the undang undang from the related stakeholders. The previous reasons got worsened by the disabled themselves who seems don't really care about the undang undang, not to mention that the department in charge doesn't have the needed founding.
Keyword : industry, disabled, working chance.