Abstrak


Aktualisasi Diri Ditinjau dari Efikasi Diri dan Secure Attachment dengan Orang Tua pada Remaja Akhir di Lembaga Bimbingan Belajar Kota Madiun


Oleh :
Bellatrix Putri Bahari - G0111011 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Aktualisasi diri adalah pengembangan diri dengan memanfaatkan dan menggunakan potensi diri secara maksimal. Remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar diindikasikan memiliki dorongan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang mereka miliki. Individu dengan keyakinan diri yang tinggi dan berada di lingkungan dimana orang tuanya mengembangkan secure attachment dengan memberikan dukungan, rasa aman, kasih sayang, serta penghargaan kepada anak, lebih berpeluang untuk memanfaatkan potensi diri untuk mencapai aktualisasi dirinya. Dengan demikian, efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dapat dipertimbangkan sebagai prediktor untuk aktualisasi diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri, hubungan antara efikasi diri dengan aktualisasi diri, dan hubungan antara secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri pada remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar.
Populasi penelitian ini adalah remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar Kota Madiun, dengan menggunakan dua Lembaga Bimbingan Belajar sebagai tempat penelitian. Sampling yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebesar 147 orang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala aktualisasi diri, efikasi diri, dan secure attachment dengan orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tterdapat hubungan yang sedang antara efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri (R = 0,591; p ? 0,05). Kedua, secara parsial terdapat hubungan yang sedang antara efikasi diri dengan aktualisasi diri (r = 0,462; p ? 0,05). Ketiga, secara parsial terdapat hubungan yang rendah antara secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri (r = 0,274; p ? 0,05). Besar sumbangan efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua terhadap aktualisasi diri sebesar 35%. Besar sumbangan efektif efikasi diri terhadap aktualisasi diri sebesar 22,7% dan secure attachment dengan orang tua terhadap aktualisasi diri sebesar 12,3%.
Kata kunci: aktualisasi diri, efikasi diri, secure attachment dengan orang tua, remaja akhir, lembaga bimbingan belajar
ABSTRACT
Self-actualization is the self-developmentwhich maximizes the self-potential. The late adolescences that join tutoring class in tutoring agency are indicated having the encouragement to develop their potency and ability they have. Individuals who has a high self-confidence and grow up on an environment that has a secure attachment built by their parents to support, to create a secure condition, to give affection, and to respect their childrenare more likely to use their potential to achieve self-actualization.Therefore, self-efficacy and secure attachment built by parents are considered to influence self-actualization.
This research is aimed to determine the relationship between self-efficacy and secure attachment toward parents and self-actualization, the relationship between self-afficacy and self-actualization, and the relationship between secure attachment with parents and self-actualization of the late adolescence whom joining tutoring class in private tutoring agency.
The population of this research was the late adolescences whojoin the tutoring class atprivate tutoring agency in Madiun. It used two private tutoring agencies. The sampling used in this research isdisproportionate stratifiedrandom samplingwith 147 people as the sampling. Thisresearchis aquantitative study usingmultiple regressionanalysis techniques. The data wereexecutedusing ascaleof self-actualization, self-efficacy, andsecure attachmentwith parents.
The results in this research showed that: (1)there is a medium relationshipbetweenself-efficacyandsecure attachmentwith parents and self-actualization(R =0.591; p?0.05). Furthermore (2) there is a medium relationship betweenself-efficacy and self-actualization(r =0.462; p?0.05). Then, (3)it showslowrelationship betweensecure attachmentwith parents and self-actualization(r =0.274; p?0.05). A largecontributionof self-efficacyandsecure attachmentwith parentstowardself-actualizationis 35%. A largeeffective contributionof self-efficacy toward self-actualizationis 22.7% and secure attachmentwith parentstowardself-actualizationis 12.3%.
Keywords: self-actualization, self-efficacy, secure attachment with parents, late adolescence, private tutoring agency