Abstrak


Pengaruh Nilai-Nilai Etika Perusahaan pada Person-Organization Fit, Komitmen, dan Kepuasan Kerja Karyawan yang Dimoderasi oleh Intensitas Moral (Studi pada karyawan PT. Indo Veneer Utama di Surakarta)


Oleh :
Dyka Prastawa - F0211037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruhnilai-nilai etika perusahaan pada person-organization fitdan person-organization fit pada komitmen dan kepuasan kerja yang dimoderasi intensitas moral dengan objek penelitian pada PT. Indo Veneer Utama di Surakarta.
Penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Metode pengumpulan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yaitu dengan menggunakan kuesioner. Sampel  dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indo Veneer Utama di Surakarta yang telah bekerja minimal 5 tahun, dengan sampel penelitian berjumlah 130 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 20 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai etika perusahaan berpengaruh terhadap person-organization fit. Person-Organization fit berpengaruh pada komitmen dan kepuasan kerja karyawan. Intensitas moral juga berpengaruh dalam memoderasi hubungan person-orhanization fit dengan komitmen dan kepuasan kerja.
Kata kunci: Nilai-nilai Etika Perusahaan, Person-Organization Fit, Komitmen, Kepuasan Kerja, Intensitas Moral.
ABSTRACT
This research was aimed to identify the effect of business ethics values to person-organization fit, commitment, and employee’s work satisfaction moderated with moral intensity.
The research population was the employees of PT. Indo Veneer Utama in Surakarta. The sample determination was done with purposive sampling technique and with certain criteria that was the employees who had worked to the company at least 5 years or more.
The result of analysis showed that there was significant effect between business ethics values, P-O fit, commitment and employee’s work satisfaction along with moral intensity that moderated relation of  P-O fit-commitment and P-O fit- work satisfaction.
Keywords: Corporate Ethical Values, Person-Organization Fit, Commitment, Work Satisfaction, Moral Intensity