Abstrak


Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Bolavoli Menggunakan Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas VIII E SMP N 14 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Hanggoro Bergas - K4611050 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta, tahun ajaran 2015/2016, melalui pendekatan bermain.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian keterampilan passing dan servis bawah bolavoli. analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan bermain bolavoli siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan pendekatan bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan teknik dasar bolavoli sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan keterampilan siswa menjadi rendah. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 50,00%, sedangkan pada siklus II mencapai 81,25%.
Simpulan penelitian ini adalah pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan bermain bolavoli siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: pendekatan bermain, keterampilan, bermain bolavoli.
ABSTRACT
The objectiv of this research is to increase skill of playing vollyball on the students of VIII E SMP N 14 Surakarta, through play approach. This study classroom action research. It is taken in two cycles, which consist of planning doing ect, observation and reflection. The subjektif of this study is 32 students of VIII E, consist of 16 boys and 16 girls. The rescarcher take the date from teacher and students, by using observation and scoring of passing and vallyball under service. The analyze the data using descriptive method based on qualitative analysis by pereentage.
The study shows that through playing approach can increase the students„s skill of playing vollyball form pre-act to cycle one and from cycle one to cycle two. The resercher didn?t use playing approach in pre-act procces. It helps the students learning the basic motion technique of vallyball, so that it is as being monoton and studnt is skill was being low. From the result, it brings the significant increase from pre-act to cycle one and from cycle two to cycle two. In cycle one the students reaching the score 50% then in cycle two reach 81,25%.
From this study, it can be concluded that playing approach can increase students skill of playing vollyball on students VIII E grades of SMP N 14 Surakarta in academic year 2015/2016.
Keyword : Playing approach, Skill, Playing vollyball