Abstrak


Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/S015


Oleh :
Intan Kusuma Wardani - K3211032 - Fak. KIP

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan: (1) Implementasi Kurikulum 2013 pada proses belajar mengajar (PBM) mata pelajaran Seni Budaya di kelas XI. (2) Hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013  pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas XI.
Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumentasi dalam proses belajar mengajar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.
Hasil penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran seni rupa kelas XI menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diimplementasikan pada proses belajar mengajar yang terdiri dari materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Sedangkan materi pembelajaran yang digunakan adalah berkarya seni rupa dua dimensi, berkara seni rupa tiga dimensi dan kritik seni. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media cetak, karya seni rupa dan internet. Hambatan yang terjadi di dalam proses pembelajaran terdiri dari 2 faktor: yakni guru dan sekolah. Hambatan yang berasal dari guru adalah guru kurang mampu mengatasi kendala agar proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Hambatan yang berasal sekolah adalah sekolah kurang memberikan dukungan kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.
Kata kunci:    implementasi, kurikulum 2013, seni budaya, proses pembelajaran
ABSTRACT
The objectives of the research are to identify and describe: (1) the implementation of 2013 curriculum in teaching-learning process of Cultural Art subject for the eleventh grader, (2) the constraints of implementing 2013 curriculum in Cultural Art subject for the eleventh grader.
This research belongs to descriptive qualitative research with a single embedded case study strategy. The sources of the data are: informant, place and event, and the documentation of teaching-learning process. The sampling technique used is purposive sampling one. Techniques of collecting data used are observation, interview and documentation. The data validation is carried out by using triangulation technique and informant review. The data analysis is conducted by using flowing model analysis.
The result of research is that SMA Negeri 2 Surakarta in the academic year of 2014/2015 applies the 2013 curriculum in fine art subject for the eleventh grader. The 2013 curriculum implemented in teaching-learning process consists of learning material, learning method, learning media and learning assessment. The learning method and learning evaluation have been in agreement with the 2013 curriculum. Meanwhile, the learning material used are creating 2 dimensional art work, creating 3 dimensional art work and art critique. The study media used in the study process printed media, art work and internet. The constraints occurring in the study process are of two factors: teachers and school. The constraint dealing with teachers occurs because the teachers are not able to overcome the problems and make the study process in agreement with the 2013 curriculum. The constraint dealing with school occurs because the school does not give enough support for the teachers to do the study process which is in agreement with the 2013 curriculum.
Keywords: implementation, 2013 curriculum, cultural art, study process