Abstrak


Perbedaan bakteriuria pada pasien benign prostatic hyperplasia dengan volume prostat tinggi dan tidak tinggi


Oleh :
Multazam Hanif - G0012141 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Pada era modern ini angka harapan hidup semakin tinggi, hal ini menyebabkan insidensi dan prevalensi Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) meningkat drastis. Secara teoritis BPH dapat menyebabkan hambatan aliran urin yang mengakibatkan bakteri memiliki waktu lebih lama untuk multiplikasi, tetapi sedikit literatur yang membuktikan hal tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan bakteriuria pada pasien Benign Prostatic Hyperplasia dengan volume prostat tinggi dan tidak tinggi.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan observasional analitik retrospektif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 62 pasien. Data pada penelitian ini akan diambil dari rekam medis pasien BPH pada periode Januari – Desember 2014 di RSUD Dr. Moewardi. Data yang didapat akan dianalisis dengan menggunakan Chi-Square.
Hasil: Dari hasil analisis menggunakan Chi-Square didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan bakteriuria pada pasien Benign Prostatic Hyperplasia dengan volume prostat tinggi dan tidak tinggi, dengan nilai ?2 = 4,239 dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan derajat kebebasan (db) =1. Didapatkan p = 0,039 atau lebih kecil dari a.
Simpulan: Terdapat perbedaan bakteriuria pada pasien Benign Prostatic Hyperplasia dengan volume prostat tinggi dan tidak tinggi.
Kata Kunci: Volume prostat, Bakteriuria