Abstrak


Efektifitas pelaporan spt tahunan pajak penghasilan orang pribadi melalui e-filling pada tahun 2014 di kantor pelayanan pajak pratama Surakarta


Oleh :
Abudar - F3412001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas e-filling di KPP Pratama Surakarta pada tahun 2013-2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan penelitian selama Praktek Kerja Lapangan di KPP Pratama Surakarta. Diantaranya: wawancara dengan beberapa Pegawai di KPP Pratama Surakarta dan mengambil data dari buku atau sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan dalam menyusun Tugas Akhir, serta teknik pembahasan dengan menggunakan metode deskriptif.
Pelaksanaan studi kasus di KPP Pratama Surakarta menunjukkan kriteria yang sangat efektif, itu ditunjukkan dengan tingkat keefektivitasan e- filling pada tahun 2013 sebesar 194,51% dan tahun 2014 sebesar 168,67%. Berarti dapat disimpulkan bahwa sistem e-filling sangat cocok digunakan untuk mengoptimalkan pelaporan SPT Tahunan PPh OP di KPP Pratama Surakarta namun tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.
Berdasarkan dari hasil penelitian di atas penulis memberikan beberapa saran agar pelaksanaan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi berjalan lebih optimal, antara lain: lebih ditingkatkan sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung, penambahan jenis formulir yang 1770, pengecekan rutin terhadap komputer dan jaringan yang digunakan untuk penerimaan SPT melalui e-filling, penambahan pegawai yang khusus menangani e-filling.
Kata Kunci: Efektivitas, E-filling,KPP Pratama Surakarta