Abstrak


Kajian determinasi pdrb, ipm dan pengangguran terhadap pola kemiskinan : studi komparasi 5 kabupaten/kota termiskin di jawa tengah tahun 2006 - 2012


Oleh :
Bonita Yolla Karosa - F0112022 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pengangguran di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terhadap pola kemiskinan. Penelitian ini diharapkan dapat menguji apakah independen variabel adalah faktor yang membentuk pola kemiskinan.
Penelitian ini dilakukan pada 5 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang memiliki tingkat populasi warga miskin tertinggi. Metode yang digunakan untuk mengukur variabel adalah menggunakan regresi data panel dan pendekatan fixed effect. Hasil dari penelitian ini adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, pengangguran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Nilai R-square sebesar 0.448453 yang berarti sebesar 44.84 persen variabel kemiskinan dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 55.16 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Keterbatasan dan implikasi dari studi ini dibahas untuk memberikan wawasan tentang aspek teoritis, aspek praktis dan untuk penelitian lebih lanjut.
Kata Kunci : Kemiskinan, PDRB, IPM, Pengangguran