Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Ketangkasan Lompat Kangkang Melalui Pendekatan Bermain dan Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MM 1 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Rizal Darmanuari - K5611066 - Fak. KIP

ABSTAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang melalui pendekatan bermain dan audio visual pada siswa kelas XI MM1 SMK Negeri 6 SurakartaTahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MM 1 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 4 siswa putra dan 18 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, kolaborator, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan bermain dan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan pendekatan bermain dan audio visual untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan senam ketangkasan lompat kangkang sehingga keterampilan senam ketangkasan lompat kangkang siswa masih rendah dan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I serta siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 42,86 %, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 64,29 % dan siklus II menjadi 82,14 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar senam ketangkasan lompat kangkang siswa kelas XI MM 1 SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil belajar, senam ketangkasan lompat kangkang, pendekatan
bermain dan audio visual