Abstrak


Kajian Stilistika Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari


Oleh :
Septiana Purwaningsih - C0209033 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana analisis diksi (pilihan kata) dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari? (2) Bagaimana analisis gaya bahasa dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis diksi (pilihan kata) dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari; (2) Mendeskripsikan analisis gaya bahasa dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek material dari penelitian ini adalah novel Perahu Kertas, karya Dewi Lestari. Adapun objek formalnya meliputi Diksi yang meliputi pemanfaatan kata Bahasa Daerah, pemanfaatan kata bahasa asing, pemendekan kata, penggunaan bentuk ulang, pemilihan kata unik, pemilihan kalimat unik dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari dan gaya bahasa dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Sumber data penelitian ini adalah novel Perahu Kertas Dewi Lestari. Data dalam penelitian ini adalah kata, klausa, kalimat, rentetan peristiwa dalam novel Perahu Kertas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka (studi pustaka) dengan dengan pembacaan menyeluruh. Teknik pengolahan data melalui lima tahap, deskripsi data, klasifikasi data, analisis data, intepretasi data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan diksi yang menonjol dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari adalah Pemanfaatan kata bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris digunakan oleh hampir semua tokoh di dalam Perahu Kertas. Pengguanaan bahasa Inggris ini telah mengikuti perkembangan zaman modern dan sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini sehingga Perahu Kertas sangat mudah untuk dimengerti oleh pembaca yang umumnya adalah anak muda. (2) Pemakaian gaya bahasa yang menonjol dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari adalah majas perbandingan yaitu majas simile. Majas simile adalah majas yang menggunakan kata-kata pembanding seperti: seperti, bak, umpama, laksana, dll. Pemakaian majas simile membuat Dee terlihat lebih kreatif dibanding sastrawan lain dan majas tersebut memperlihatkan bahwa Dee mempunyai ciri khas yang unik dan cerdas.