Abstrak


Keefektifan experiential learning untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas xi tkj smk n jenawi tahun pelajaran 2015/2016


Oleh :
Novia Safitri Komasiah - K3111043 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui keefektifan expereintial learning untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas XI TKJ SMK N Jenawi.
Penelitianini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design.Subyek penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terbagi secara matching berdasarkan skor kematangan karir, yaitu 10 siswa di kelompok kontrol dan 10 siswa di kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan skala penilaian kematangan karir yang telah divalidasi peneliti. Pretest digunakan untuk mengetahui keadaan awal kematangan karir siswa dan posttest digunakan untuk mengetahui peningkatan kematangan karir siswa setelah pemberian treatment. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan SPSS.
Dari hasilpenelitiandiperoleh nilai signifikansi gain score kematangan karir antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 0,02 yang berarti bahwa experiential learning efektif meningkatkan kematangan karir siswa kelas XI TKJ SMK N Jenawi. Experiential learning efektif karena siswa dapat mengalami sendiri, merefleksi, membentuk pemikiran baru dan memutuskan sendiri keputusan karir siswa di masa yang akan datang. Simpulan dari penelitian ini adalah experiential learning efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas XI TKJ SMK N Jenawi.
Kata kunci :Experiential learning, Kematangan karir